Home » » Cara Membuat Kotak atau Pencarian di Blog

Cara Membuat Kotak atau Pencarian di Blog

Halo sobat Blogger, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang fitur blog yang sangat penting. Fitur pencarian ini tentu akan mempermudah pengunjung blog kita untuk menemukan artikel atau postingan yang ada atau telah dipublish.

Sebenarnya, topik ini sudah banyak dipublis oleh sobat-sobat blogger, terutama yang udah senior dalam dunia blogger. Tapi saya harus mempostingnya karena postingan mendatang, akan membahas topik yang sama tetapi dengan tingkatan yang relatif lebih tinggi (karena kita sudah menggunakan kode style). Kemudian, selanjutnya lagi akan menjurus pada bagaimana cara membuat menu pencarian atau kotak pencarian seperti yang ada di Blogger-sidakaton ini.

Jadi, sebelum kita membahas yang lebih tinggi (ini khusus untuk sobat yang baru bergabung di dunia blogger), kita terlebih dahulu akan membahas kode dasar dalam membuat kotak atau form pencarian di blog blogspot alias blogger.

Karena ini adalah dasar, maka tentu caranya sangat simpel, cukup Copy dan Paste kode berikut di Gadget HTML blog sobat:

    <center>
    <form action='/search' id='s' method='get'>
    <input name='s' onblur='if (this.value == &quot;&quot;) {this.value = &quot;cari di sini...&quot;;}' onfocus='if (this.value == &quot;cari di sini...&quot;) {this.value = &quot;&quot;}' type='text' value='cari di sini...'/>
    <input class='searchbutton' name='searchsubmit' type='submit' value='go'/>
    </form>
    </center>

Nah, Simpan Gadget lalu lihat hasilnya. Cukup sederhana, tapi ini sudah bisa kita gunakan sebagai kotak pencarian.
Bagikan ke:

Posting Komentar

 
Copyright © 2011 - 2012. Agoengsang - All Rights Reserved Sitemap · Privacy Policy · Pasang Iklan Proudly Powered by Blogger